akar dari konflik israel palestine - Bedelau
Headlines News :
Home » » akar dari konflik israel palestine

akar dari konflik israel palestine

Written By Deny on Friday 23 November 2012 | 06:21

Akar Sejarah Konflik Israel-Palestina

OPINI | 04 June 2010 | 13:50 Dibaca: 5279   Komentar: 19   1 Menarik
Menurut Israel “penjajahan” itu adalah persepsi Arabs.  Dengan “belum memberikan” tanah kpd Palestina, Israel bermaksud mempertahankan diri dari kemungkinan yg lebih buruk bagi bangsanya.  Itu prinsip mereka; dan prinsip ini menurut mereka ada dasarnya yg kuat.
Sebetulnya Israel itu kompromistis sejak awal.  Ketika Inggris akan mengakhiri mandatnya di Palestina tahun 1949, wilayah tsb mula2 ditawarkan kpd Arabs dan Israel shg wilayah itu nantinya terbagi dua dgn porsi Israel lebih kecil dari Arabs.  Alasan Inggris (dan PBB) tidak ada yg paling berhak atas wilayah tsb dari kedua bangsa shg tanah itu dianggap netral.  Israel menerima tawaran tsb sedangkan Arabs tidak karena menganggap lebih berhak atas seluruh wilayah dan tidak rela sama sekali berbagi dgn  bangsa Yahudi (pada waktu itu tidak terpikir oleh Arabs bahwa Yahudi berani mendirikan negara sendirian tanpa kesepakatan terlebih dahulu dgn mereka).
Yg terjadi kemudian, ketika Israel mau menerima haknya dan memproklamasikan negaranya, Arabs langsung memerangi dgn cara mengeroyok beramai-ramai, namun kalah dalam perang besar yg pertama ini. Maka, selanjutnya PBB menarik garis sementara wilayah2 tertentu utk didiami oleh Arabs, yaitu Sinai dan Gaza dibawah otoritas Mesir, Tepi Barat dibawah otoritas Yordania, dan Golan dibawah otoritas Syria. Namun, selanjutnya Arabs terus mencoba memaksakan kehendak untuk mendesak Israel agar tersingkir dari wilayah ini, baik melalui perang2 kecil maupun perang besar karena mereka punya prinsip tidak mau kompromi secara damai dgn bangsa Yahudi. Tetapi ironisnya, setiap peperangan ternyata selalu dimenangkan oleh Yahudi. Bahkan dalam perang terbesar tahun 1967 Israel dapat menguasai wilayah2 yg tadinya dibawah otoritas bangsa Arabs. Demikian juga dalam perang besar lainnya tahun 1973, Israel sekali lagi memenanginya (perang ini maupun setiap peperangan lainnya selalu diprakarsai oleh Arabs). Mesir sbg pemimpin the Arabs pada waktu itu akhirnya sadar dan berpikir realistis. Maka, akhirnya disepakati perjanjian damai Camp David dgn Israel dimana Israel menyerahkan wilayah Sinai dan Gaza kembali ke Mesir (tetapi Mesir hanya menghendaki Sinai saja, Gaza tidak).
Selanjutnya, peperangan terus saja terjadi hingga sekarang karena adanya prinsip yg berbeda: Israel mau berbagi sedangkan Arabs tidak. Mesir, Yordania, Syria memang sudah mundur, tetapi mereka mengangkat “bangsa Palestina” menjadi pahlawan baru sekaligus tameng utk berhadapan dgn Israel. Maka, dgn tidak pernah berhentinya serangan oleh Arabs thd Israel hingga hari ini membuat Israel menjadi bangsa yg selalu waspada dan siaga-1 thd Palestina dan Arabs. Bagi mereka keamanan diatas segala-galanya.  Bahkan, semakin lama Israel semakin sulit (kalau bisa dikatakan tidak mungkin) mempercayai Palestina dan Arabs utk menentukan masa depannya sendiri di wilayah tsb.  Menurut persepsi mereka, belum diberi wilayah saja sudah maunya perang terus, apalagi diberi wilayah?  Pasti jauh lebih menyulitkan bagi Israel karena akan lebih mudah dicaplok.  Tujuan Arabs menyingkirkan bangsa Yahudi memang sudah menjadi “iman” dan keyakinan bagi bangsa Arabs yg tidak mau mengakui dan menggangap sedikitpun eksistensi bangsa Yahudi.
Inilah yg menjadi latar belakang kedua bangsa sulit mencapai kesepakatan karena tidak adanya kepercayaan apapun satu thd yg lain. Ditambah lagi dgn konsep jihad pada bangsa Arabs dan konsep gigi ganti gigi, mata ganti mata pada bangsa Yahudi, tidak akan pernah mempertemukan kesamaan pandangan mengenai perdamaian.   Kalau begitu, Tuhan siapakah yg salah telah menciptakan kedua bangsa ini?? Seperti dikatakan oleh seorang komunis: lebih baik tidak ada Tuhan tetapi bisa hidup damai daripada ada Tuhan tetapi hidup saling membunuh.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : spotline | Aneka Kuliner | top10rank
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bedelau - All Rights Reserved
smartblog group Pekanbaru thanks to Mas Template