10 negara dengan harga bahan pokok termahal - Bedelau
Headlines News :
Home » » 10 negara dengan harga bahan pokok termahal

10 negara dengan harga bahan pokok termahal

Written By Deny on Wednesday 15 January 2014 | 20:03

10 Negara dengan Harga Bahan Pokok Termahal

Bagi kita yang hidup di desa tentunya masih harus bersyukur ketika masih bisa makan walaupun ala akadarnya. Rata-rata di daerah perdesaan bahan pokok dihasilkan sendiri kemudian untuk dikonsumsi sendiri, walaupun tidak semua bahan pokok. Kalau yang di kota, masihlah harus bersyukur juga, karena Indonesia yang dikatakan negara agraris masih bisa menghasilkan bahan pokok seperti beras, daging dan sayur mayur. Kalaupun harganya menjadi sangat tinggi di pasaran, itu tidak lepas dari bagaimana pemerintah mengatur harga, distribusi dan memperhatikan petani sebagai produsen.


Tapi agan aganwati bisa membayangkan kalau hidup di negara-negara berikut ini yang harga bahan pokoknya sangat tinggi, untuk ukuran kita.

Quote:
Liputan6.com, Quebec : Makanan menjadi kebutuhan pokok setiap manusia di dunia ini. Manusia bisa beraktivitas dan melakukan berbagai kegiatan karena mendapatkan energi dari makanan.

Tapi bagaimana jadinya jika harga makanan melambung tinggi dan nyaris tak terjangkau?. Faktanya, sejumlah negara memiliki beberapa bahan pangan pokok yang harganya sangat tinggi.

Sebut saja di Taiwan. Di negara ini untuk mendapatkan satu kilogram daging sapi, warganya harus merogoh uang sebesar Rp 320 ribuan.

Tak heran warganya lebih memilih menyantap daging ayam dan nasi daripada membeli daging sapi. Taiwan tak sendiri, berikut 5 dari 10 negara yang memiliki harga pangan paling mahal di dunia:
Quote:1. Afrika Selatan

Bahan pangan pokok termahal: roti dan daging

Belakangan ini harga-harga makanan di Afrika Selatan melambung tinggi. Pemerintah mengaku kesulitan menekan harga sejumlah pangan yang naik hingga 49% dalam lima tahun.

Kurun itu, harga roti tercatat naik hingga 69%, sementara harga daging meningkat hingga 40%. Afrika Selatan benar-benar berada di tengah situasi yang sulit mengingat gaji para pekerjanya sangat jarang naik.

Quote:2. Taiwan

Bahan pangan pokok termahal: daging sapi dan susu

Para turis Taiwan dapat menikmati harga-harga makanan yang tak terlalu beda dengan negara asalnya. Sekaleng Coca Cola dapat diperoleh dengan harga US$ 0,6 atau setara Rp 6.100.

Ironisnya, penduduk asli Taiwan harus bergelut dengan harga pangan yang tinggi, seperti daging yang dijual US$ 11,5 atau setara Rp 131,250 per pound.

Selain itu, satu galon susu dijual US$ 10 atau setara Rp 11.400. Tak heran, warganya lebih suka menyantap ayam, kentang, dan nasi.

Quote:3. Jerman

Bahan pangan pokok termahal: daging ayam, roti, nasi dan soda

Tahun ini Jerman sempat mengalami banjir yang menyebabkan harga-harga makanan melambung jauh lebih tinggi dari tempat mana pun di dunia. Harga pangan di sana tercatat naik hingga lebih dari 5% dibanding tahun lalu.

Sebungkus roti dijual dengan harga mencapai US$ 2,5 atau setara Rp 28.500. Sementara dua liter coca-cola dijual seharga US$ 4 atau setara Rp 45.600.

Quote:4. Kanada

Bahan pangan pokok termahal: susu

Meski tak merata, tapi di sebagian wilayah Kanada, penduduk harus membayar harga-harga pangan dengan sangat mahal.

Di bagian utara Kanada, harga satu kubis mencapai US$ 28 atau setara Rp 319.600, segalon air seharga US$ 104 atau setara Rp 1,1 juta, dan US$ 64 atau setara Rp 273.900 untuk satu pound daging ayam. Tak hanya itu, harga susu juga melambung tinggi di negara tersebut

Quote:5. Kuwait

Bahan bahan pokok termahal: telur dan selada

Tinggal dan berkunjung ke Kuwait akan menyenangkan mengingat harga bahan bakar di sana sangat murah.

Sayangnya, untuk urusan pangan sangat berbeda. Setiap orang di negara ini harus rela merogoh kocek yang dalam saat ingin makan.

Senggenggam selada dijual lebih dari US$ 4,5 atau setara Rp 51.300. Lebih parah lagi harga telur di sana bisa mencapai US$ 2,5 per butir atau setara Rp 28.500.

Ingin tahu 5 negara lain yang memiliki bahan pokok paling mahal?, simak artiel berikutnya.

Quote:6. Inggris

Bahan bahan pokok termahal: kentang dan telur

Di London, masyarakatnya lebih suka menyereput hangatnya teh. Tak heran, untuk satu pound kentang, penduduk di negara ini harus membayar hingga US$ 2,5 atau Rp 28.500.

Sementara satu lusin telur harus dibayar seharga US$ 5,28 atau Rp 60.260. Ayam sepertinya merupakan makanan yang termasuk murah di Inggris.

Quote:7. Belgia

Bahan bahan pokok termahal: daging sapi dan telur

Bagi para turis, Belgia memang lebih menarik dibandingkan negara lain di Eropa seperti Inggris, Italia atau Spanyol. Alasannya, negara tersebut hanya memiliki sedikit penduduk. Terlebih lagi minuman bir di negara ini dijual dengan harga miring.

Ironisnya, harga bahan pangan pokok seperti daging sapi dan telur bisa membuat penduduknya merasa sesak. Satu pound daging sapi di Belgia dijual seharga US$ 6 atau Rp 68.400. Sementara penduduk lokal bisa mendapat satu lusin telur dengan membayar US$ 4 atau Rp 45.600

Quote:8. Perancis

Bahan bahan pokok termahal: daging ayam dan sapi

Turis asing yang berkunjung ke Paris biasanya sulit untuk menyimpan uangnya. Para turis yang memegang uang tunai pasti lebih memilih menghabiskan uang merea untuk membeli anggur murah dibandingkan makan daging.

Bagainana tidak, para penduduk lokal di sana bahkan harus mengeluarkan US$ 6,37 atau Rp 72.700 untuk satu pound ayam. Untuk makan satu bulan, penduduk asli Prancis minimal menghabiskan uang hingga US$ 336 atau setara RP 3,8 juta.

Quote:9. Rusia

Bahan bahan pokok termahal: susu, pasta, dan kentang

Datang ke Moskow jauh lebih mahal dibandingkan membeli barang grosir di negara tersebut. Sebut saja para penduduk New York yang ingin berbelanja barang di Moskow bisa menghabiskan uang nyaris dua kali lipat dibandingkan di kota asalnya.

Di sana, susu, pasta, dan kentang merupakan kebutuhan pangan. Sayangnya, ketiga bahan pokok tersebut merupakan produk yang paling mahal dijual pada toko atau supermarket di Moskow. Alhasil, para penduduk lokal lebih memilih makan malam dengan roti karena harganya jauh lebih murah.

Quote:10. Spanyol

Bahan bahan pokok termahal: roti dan nasi

Spanyol merupakan tujuan wisata yang cukup populer di kalangan turis asing khususnya Barcelona dan Madrid. Tetapi sebagian besar turis di sana harus berhadapan dengan harga makanan yang naik turun.

Terdapat beberapa makanan yang menguras kantong cukup besar jika kita ingin menikmatinya, seperti nasi putih seharga US$ 3,5 atau setara Rp 39 ribu per pound. Tak hanya itu, untuk satu bungkus roti, Anda harus membayar hingga US$ 6,25 atau Rp 71.300. Kedua jenis pangan tersebut merupakan yang termahal di antara negara-negara besar lainnya.
sumber : kaskus.co.id
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : spotline | Aneka Kuliner | top10rank
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Bedelau - All Rights Reserved
smartblog group Pekanbaru thanks to Mas Template